Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 22 Palu Melalui Metode Sosiodrama

MARIA WANDITA VINSINTA NDOLU (2024) Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 22 Palu Melalui Metode Sosiodrama. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu dengan penggunaan metode sosiodrama, dapat
meningkatkan pembelajaran bahasa Indonesia khususnya keterampilan siswa
dalam memerankan drama melalui metode sosiodrama di kelas V SDN 22 Palu.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pengambilan
data menggunakan Kualitatif dan Kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa
kelas V SDN 22 Palu dengan jumlah siswa 23 orang. Analisis data terdiri dari
analisis lembar observasi aktivitas guru, analisis aktivitas siswa, analisis hasil
belajar dan analasis keterampilan memerankan drama.Pelaksanaan tes awal atau
pratindakan yaitu sebesar 39,13 %. Pada siklus I diperoleh ketuntasan hasil
belajar siswa sebesar 52,17%,dan pada siklus II di peroleh ketuntasan
86,95%.Kenaikan dari Siklus I ke Siklus II yaitu 34,78 %. Hasil aktivitas siswa
siklus I sebesar 70?n pada siklus II 90%.Hasil aktivitas guru siklus I sebesar
73,33?n siklus II sebesar 86,66%. Hasil penelitian penerapan metode
sosiodrama pada mata pelajaran bahasa Indonesia dengan materi memerankan
drama memberikan pengalaman kongkrit kepada siswa seperti siswa dapat
memerankan drama tentang toleransi sehingga nilai-nilai baik yang ada dalam
drama dapat diimplemetasikan dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya itu
siswa juga dapat mengetahui memerankan drama dengan lafal,intonasi dan
ekspresi yang sesuai dengan tokoh yang diperankan dalam drama. Berdasarkan
hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode sosiodrama dalam
pelajaran Bahasa Indonesia tentang memerankan drama dapat meningakatkan
hasil belajar siswa kelas V SDN 22 Palu.
Kata Kunci : Hasil belajar siswa, Metode sosiodrama, Memerankan drama,
Mata pelajara Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/119465
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item