Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melaui Model Pembelajaran Take And Give Berbantuan Media Gambar Pada Siswa Kelas IV Di SDN 2 Gimpu

FRITS LEONARD AWAY (2024) Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melaui Model Pembelajaran Take And Give Berbantuan Media Gambar Pada Siswa Kelas IV Di SDN 2 Gimpu. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang memiliki dua siklus dan empat tahap, yaitu (a) Perencanaan, (b) Pelaksanaan Tindakan, (c) Obsevasi, (d) Refleksi. Masalah yang diteliti adalah rendahnya hasil belajar. Upaya pemecahan masalah yang digunakan yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Take And Give. Penelitian tindakan ini bertujuan untuk dapat meningkatkan hasil belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 2 Gimpu. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 2 Gimpu yang berjumlah 18 orang siswa, yang terdiri 6 orang siswa laki-laki dan 12 orang siswa perempuan. Data dikumpulkan melalui lembar observasi guru dan siswa serta tes hasil tindakan. Hasil penelitian pada siklus I menunjukan persentase ketuntasan klasikal sebesar 44%. Sedangkan pada siklus II diperoleh persentase ketuntasan klasikal sebesar 88%. Berdasarkan presentase ketuntasan hasil belajar siklus I dan siklus II, maka telah terjadi peningkatan yang signifikan yaitu sebesar 50% pada ketuntasan klasikal. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Take And Give dapat meningkatkan hasil belajar siswa SDN 2 Gimpu Kelas IV pada Mata Pelajaran IPA.
Kata kunci ; Model Pembelajaran Take And Give, Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPA

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/119482
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item