MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS V SDN 2 TATURA

NUR ARIFKA DG MALEWA (2022) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS V SDN 2 TATURA. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Nur Arifka Dg Malewa, 2022. Meningkatkan Hasil Belajar IPS Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada Siswa Kelas V SDN 2 Tatura. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Rizal, S.Ag., M.Pd

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS kelas V SDN 2 Tatura dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang menggunakan desain penelitian Kemmis dan McTaggart yang terdiri atas dua siklus. Di mana pada setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan di kelas dan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 2 Tatura, melibatkan 28 orang siswa yang terdiri dari 14 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswi perempuan yang terdaftar pada tahun ajaran 2020/2021. Hasil penelitian menunjukkan pada tindakan siklus I diperoleh ketuntasan klasikal 53,57?n daya serap klasikal 65,35%. Kemudian pada tindakan siklus II diperoleh ketuntasan klasikal 92,85?n daya serap klasikal 77,5%. Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan dengan nilai ketuntasan belajar klasikal minimal 75?n daya serap klasikal minimal 75%. Berdasarkan nilai rata-rata daya serap klasikal dan ketuntasan belajar klasikal pada kegiatan pembelajaran siklus II, maka dapat disimpulkan bahwa perbaikan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS di SDN 2 Tatura.

Kata kunci : Hasil Belajar Siswa, Kooperatif Tipe Think Pair Share, IPS

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/119490
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item