NURMADINA (2024) Meningkatkan Hasil Belajar IPS Menggunakan Metode Role Playing Pada Siswa Kelas V SDN Tipo. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apakah metode RolePlaying
dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN
TIPO; (2) mendiskripsikan langkah- langkah penerapan metode Role Playing
dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN TIPO.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ,menggunakan
model Kemmis dan Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V
SDN tipo yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data tes, lembar
observasi untuk guru ,dan dokumentasi. Tes digunakan untuk mengumpulkan data
hasil belajar kognitif siswa, sedangkan lembar observasi digunakan untuk
memperoleh hasil belajar aspek afektif, serta aktivitas guru dalam proses
pelaksanaan pembelajaran IPS menggunakan metode Role Playing. Teknik
analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif untuk menganalisis data
hasil belajar kognitif dan analisis deskriptif kualitatif untuk menganalisis data
hasil observasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Role
Playingpada pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas
V SDN tipo. Berdasarkan hasil tes yang diperoleh siswa pada setiap akhir siklus
menunjukkan peningkatan hasil belajar IPS. Persentase ketutasan pada
pratindakan sebesar 20%, Siklus I sebesar 66,67%, dan siklus II sebesar 93,33%,.
Secara proses,menunjukkan bahwa kualitas proses pembelajaran menjadi
meningkat, terlihat dari siswa yang lebih aktif, komunikatif serta suasana
pembelajaran lebih menyenangkan. Dalam penerapan metode Role playing, guru
perlumemperhatikan hal-hal sebagai berikut: (1) Naskah drama diberikan kepada
siswa sebelum pelaksanaan;(2) langkah-langkah metode Role Playing
dilaksanakan secara keseluruhan dalam satu pertemuan; (3) menciptakan suasana
pembelajaran yang santai, menyenangkan namun terkendali.
Katakunci:HasilbelajarIPS,metodeRole Playing.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/119500 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |