NI LUH SARIANI (2022) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI KELAS IV SD INPRES 3 BIROBULI. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Ni Luh Sariani. 2022. Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa dengan Pendekatan
Contextual Teaching And Learning (CTL) di Kelas IVSD Inpres 3 Birobuli.
Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan
Universitas Tadulako. Pembimbing Arif Firmansyah.
Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar
siswa. Upaya pemecahan masalah yang digunakan untuk meningkatkan hasil
belajar siswa yaitu dengan menerapkan Pendekatan Contextual Teaching and
Learning (CTL). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Inpres 3 Birobuli
yang berjumlah 34 orang siswa, yang terdiri dari 11 orang siswa laki-laki dan 23
orang siswa perempuan. Data dikumpulkan melalui lembar observasi guru dan
siswa serta tes hasil tindakan. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan
persentase Daya Serap Klasikal (DSK) siswa sebesar 75,58% serta persentase
Ketuntasan Belajar Klasikal (KBK) sebesar 76,47%. Sedangkan pada siklus II
diperoleh persentase Daya Serap Klasikal (DSK) siswa sebesar 83,52% serta
persentase Ketuntasan Belajar Klasikal (KBK) sebesar 88,23%. Berdasarkan
persentase ketuntasan hasil belajar siklus I dan siklus II, maka telah terjadi
peningkatan yang signifikan yaitu pada DSK terjadi peningkatan sebesar 7,94?ri siklus I sebesar 75,58?n siklus II sebesar 83,52%. Begitu juga pada KBK
terjadi peningkatan yang signifikan yaitu sebesar 11,76?ri siklus I sebesar
83,52?n siklus II sebesar 88,23%. Berdasarkan hasil tersebut dapat
disimpulkan bahwa dengan menerapkan Pendekatan Contextual Teaching and
Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa SD Inpres 3 Birobuli
Kelas IV pada mata pelajaran IPS.
Kata kunci : Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), Hasil
Belajar, Mata Pelajaran IPS.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/119503 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |