DELVIANI PUTRI (2023) Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas X IPS 2 SMA Negeri 2 Palu. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Delviani Putri (2023) Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas IPS 2 SMA Negeri 2 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Hasan, M.Hum
Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Apakah model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas X IPS 2 SMA Negeri 2 Palu. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 2 Palu. Rancangan penelitian ini adalah One-Group Prestest-posttest Design. Adapun subjek yang diambil yaitu kelas X IPS 2 yang berjumlah 36 siswa terdiri dari 18 orang laki-laki dan 18 orang perempuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi siswa dan guru, tes hasil belajar siswa dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji-t. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar siswa menggunakan model PBL adalah 82,5. Hal ini menunjukkan adanya kenaikan hasil belajar siswa. Perolehan nilai tersebut dimasukkan kedalam uju statistic t-score maka perolehan nilai thitung untuk model PBL yaitu 9,653 jika nilai thitung dikonsultasikan ke t tabel dengan jumlah subjek penelitian 36 orang siswa dan taraf kepercayaan 5% (? = 0,05) maka perolehan nilai t tabel yaitu 1,689. Sehingga t hitung>ttabel atau 82,5 > 1,689. Berdasarkan data penelitian kuantitatif, jika nilai thitung>ttabel maka Ho di tolak dan Ha di terima atau dapat dikatakan bahwa dengan menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran sejarah pada siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 2 Palu.
Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Model Problem Based Learning
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/119513 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |