MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE PROBLEM SOLVING DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V DI SDN INPRES 2 TALISE

NURWALA (2022) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE PROBLEM SOLVING DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V DI SDN INPRES 2 TALISE. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
NURWALA (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Metode Problem
Solving dalam Pembelajaran IPS Kelas V di SDN Inpres 2 Talise. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan
dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Rizal, S.Ag.,M.Pd.
Permasalahan dalam Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil
belajar melalui metode Problem Solving dalam pembelajaran IPS Kelas V di SDN
Inpres 2 Talise. dan Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN Inpres 2 Talise tahun ajaran 2021/2022
yang berjumlah 21 siswa. Desain penelitian ini mengacu pada desain penelitian
tindakan kelas menurut Djamarah dan Zain (2006: 92) sebagai berikut : (1)
Adanya masalah yang jelas untuk dipecahkan. (2) Mencari data atau keterangan
yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah tersebut. (3)Menetapkan
jawaban sementara dari masalah tersebut. (4)Menguji kebenaran jawaban
sementara tersebut. (5) Menarik kesimpulan. Data kuantitatif dianalisis dengan
statistik deskriptif dengan mencari nilai rerata, sedangkan data kualitatif dianalisis
dengan model alur. Dapat disimpulkan hasil penelitian menunjukan peningkatan
hasil belajar IPS. Hal ini dapat dilihat dalam pelaksanaan pembelajaran siklus I
dab siklus II. Hasil pada siklus I didapatkan 76,19% sedangkan pada siklus II
95,23%.
Kata kunci: Peningkatan hasil belajar melalui metode Problem Solving
dalam pembelajaran IPS kelas V.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/119521
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item