MELANI RAHAYU SARASWATI (2022) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS IV SDN ASTINA. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Melani Rahayu Saraswati, (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan 
Menggunakan Media Audio Visual pada Pembelajaran IPS di Kelas IV 
SDN Astina. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 
Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 
Universitas Tadulako. Pembimbing Arif Firmansyah.
Pembelajaran di SDN Astina masih dilakukan dengan sederhana tanpa 
menggunakan media, Hal ini dapat mempengaruhi hasil belajar siswa menjadi 
rendah. peneliti memutuskan untuk menggunakan media pembelajaran audio 
visual agar pembelajaran lebih menarik dan dapat memotivasi siswa agar lebih 
semangat untuk belajar. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil 
belajar IPS siswa, serta mengetahui kemampuan pengelolaan guru dalam 
pembelajaran pada siswa Kelas IV di SDN Astina. Penelitian ini dilaksanakan dua 
siklus dan berakhir di siklus II karena dinyatakan telah berhasil, siklus terdiri dari 
perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian 
siswa Kelas IV di SDN Astina berjumlah 24 siswa. Hasil penelitian pada siklus I 
menunjukkan persentase Daya Serap Klasikal (DSK) siswa sebesar 60,83% serta 
persentase Ketuntasan Belajar Klasikal (KBK) sebesar 54,16%. Sedangkan pada 
siklus II diperoleh persentase Daya Serap Klasikal (DSK) siswa sebesar 70,20% 
serta persentase Ketuntasan Belajar Klasikal (KBK) 87,5%. Berdasarkan 
persentase ketuntasan hasil belajar siklus I dan siklus II, maka telah terjadi 
peningkatan yang signifikan yaitu pada DSK terjadi peningkatan sebesar 9,37?ri siklus I sebesar 60,83?n siklus II sebesar 70,20%. Begitu juga pada KBK 
terjadi peningkatan yang sognifikan yaitu sebesar 33,34?ri siklus I sebesar 
54,16?n siklus II sebesar 87,5%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan 
bahwa dengan menerapkan media audio visual pada pembelajaran IPS dapat 
meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Astina.
Kata Kunci: Media Audio Visual; Hasil Belajar; Pembelajaran IPS.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) | 
|---|---|
| Commentary on: | Eprints 0 not found. | 
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar | 
| SWORD Depositor: | Users 0 not found. | 
| Depositing User: | Users 0 not found. | 
| Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 | 
| Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 | 
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/119569 | 
| Baca Full Text: | Baca Sekarang | 

