MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS IV SDN ASTINA

MELANI RAHAYU SARASWATI (2022) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS IV SDN ASTINA. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Melani Rahayu Saraswati, (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan
Menggunakan Media Audio Visual pada Pembelajaran IPS di Kelas IV
SDN Astina. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar,
Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Tadulako. Pembimbing Arif Firmansyah.
Pembelajaran di SDN Astina masih dilakukan dengan sederhana tanpa
menggunakan media, Hal ini dapat mempengaruhi hasil belajar siswa menjadi
rendah. peneliti memutuskan untuk menggunakan media pembelajaran audio
visual agar pembelajaran lebih menarik dan dapat memotivasi siswa agar lebih
semangat untuk belajar. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil
belajar IPS siswa, serta mengetahui kemampuan pengelolaan guru dalam
pembelajaran pada siswa Kelas IV di SDN Astina. Penelitian ini dilaksanakan dua
siklus dan berakhir di siklus II karena dinyatakan telah berhasil, siklus terdiri dari
perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian
siswa Kelas IV di SDN Astina berjumlah 24 siswa. Hasil penelitian pada siklus I
menunjukkan persentase Daya Serap Klasikal (DSK) siswa sebesar 60,83% serta
persentase Ketuntasan Belajar Klasikal (KBK) sebesar 54,16%. Sedangkan pada
siklus II diperoleh persentase Daya Serap Klasikal (DSK) siswa sebesar 70,20%
serta persentase Ketuntasan Belajar Klasikal (KBK) 87,5%. Berdasarkan
persentase ketuntasan hasil belajar siklus I dan siklus II, maka telah terjadi
peningkatan yang signifikan yaitu pada DSK terjadi peningkatan sebesar 9,37?ri siklus I sebesar 60,83?n siklus II sebesar 70,20%. Begitu juga pada KBK
terjadi peningkatan yang sognifikan yaitu sebesar 33,34?ri siklus I sebesar
54,16?n siklus II sebesar 87,5%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan
bahwa dengan menerapkan media audio visual pada pembelajaran IPS dapat
meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Astina.
Kata Kunci: Media Audio Visual; Hasil Belajar; Pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/119569
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item