MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN SAINS DI KELAS IV SD INPRES 4 TERPENCIL SIDOAN

PETRUS (2024) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN SAINS DI KELAS IV SD INPRES 4 TERPENCIL SIDOAN. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Petrus. (2024), Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media
Gambar pada Mata Pelajaran Sains di Kelas IV SD Inpres 4 Terpencil Sidoan.
Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako.

Permasalahan dalam Penelitian ini apakah dengan menggunakan media
gambar pada pembelajaran sains dapat meningkatkan hasil belajar siswa di Kelas
IV SD Inpres 4 Terpencil Sidoan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian
tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran sains melalui media gambar di kelas IV SD Inpres 4 Terpencil Sidoan.
Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 18 orang
siswa yang terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 8 orang siswa
perempuan,pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument berupa
tes evaluasi hasil belajar.Rancangan penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam
2 siklus, dengan tiap siklus melalui empat tahap, yaitu : (1) perencanaan,
(2)pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Hasil penelitian siklus
Imenunjukkan aktivitas siswa cukup, pada taraf aktivitas siswa rata-rata masih
cukup,pada siklus II meningkat menjadi sangat baik dan untuk penilaian efektif
siswa masih berkategori baik namun pada siklus II terus meningkat ke kategori
sangat baik,untuk penskoran nilai dari siklus I berkategori baik, pada siklus ke II
meningkat menjadi baik dan sangat baik,jadi di ketahui bahwa pembelajaran
dengan menggunakan media gambar cukup efektif untuk memaksimalkan hasil
belajar siswa agar lebih meningkat dalam berprestasi. Hasil observasi siklus I dan
II menunjukkan bahwa siswa dan guru dalam kegiatan pembelajaran terus
meningkat ke kategori sangat baik. Berdasarkan analisis hasil belajar siswa pada
siklus I siswa yang tuntas 12 dari 18 siswa, tuntas klasikalnya 66,67?n daya
serap individualnya 69,55% sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas 17 dari 18
siswa, tuntas klasikalnya 94,44?n daya serap individualnya 82,44% maka
terjadi peningkatan siklus I dan II antara daya serap individu siswa dengan
ketuntasan klasikalnya. Maka berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat di
simpulkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar
sains siswa kelas IV SD Inpres 4 Terpencil Sidoan.

Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Media Gambar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/119577
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item