MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN INPRES 3 BALUASE PADA TEMA “PAHLAWANKU” DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH

INDRIYANI (2024) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN INPRES 3 BALUASE PADA TEMA “PAHLAWANKU” DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

INDRI YANI. 2023. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Inpres 3 Baluase Terhadap Tema “Pahlawanku” dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Make A Match. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing: Dr. Nashrullah, S.Pd.i., M.Pd
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dan empat tahap, yaituu (a) Perencanaan, (b) Pelaksanaan Tindakan, (c) Observasi, (d) Refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDN Inpres 3 Baluase pada tema “Pahlawanku”. Masalah yang diteliti adalah rendahnya hasil belajar siswa. Upaya pemecahan masalah yang digunakan yaitu dengan menerapkan metode pembelajaran Make A Match. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Inpres 3 Baluase yang berjumlah 36 orang siswa, terdiri dari 16 orang siswa laki-laki dan 20 orang siswa perempuan. Data dikumpulkan melalui sumber observasi guru dan siswa serta tes hasil tindakan. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan presentase Daya Serap Klasikal (DSK) siswa sebesar 67,91% serta presentase Ketuntasan Belajar Klasikal (KBK) sebesar 41,66%. Sedangkan pada siklus II diperoleh presentase Daya Serap Klasikal sebesar 75,55% serta presentase Ketuntasan Belajar Klasikal (KBK) sebesar 80,55%. Berdasarkan presentase ketuntasan hasil belajar siklus I dan II, maka telah terjadi peningkatan yang signifikan yaitu pada DSK terjadi peningkatan sebesar 7.64?ri siklus I sebesar 67,91?n siklus II sebesar 75,55?gitu juga pada KBK terjadi peningkatan yang signifikan yaitu sebesar 38,89?ri siklus I sebesar 41,66?n siklus II sebesar 80,55?rdasarkan hasil tersebut dapat di simpulkan bahwa dengan menerapkan metode pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDN Inpres 3 Baluase pada tema “Pahlawanku”.
Kata Kunci : Metode Pembelajaran Make A Match, Hasil Belajar, IPS

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/119622
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item