NELMI (2024) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MELELAUI PENERAPAN METODE DISKUSI DALAM MATA PELAJARAN PKN DI SDN 5 TERPENCIL PALASA. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Nelmi (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Melelaui Penerapan
Metode Diskusi dalam Mata Pelajaran PKn di SDN 5 Terpencil Palasa. Skripsi
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing,
Herlina.
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa, Tujuan
penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 5
Terpencil Palasa pada mata pelajaran PKn melalui metode diskusi. Subyek
penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 20 siswa yang terdaftar pada
tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan desain penelitian
Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri atas dua siklus. Di mana pada setiap siklus
dilaksanakan dua kali pertemuan di kelas dan setiap siklus terdiri empat tahap
yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. hasil pra tindakan
persentase daya serap klasikal 60?n ketuntasan klasikal 55%. Hasil tindakan
siklus I persentase daya serap klasikal 71,75?n ketuntasan klasikal 70%, terus
meningkat pada tindakan siklus II dengan pencapaian persentase daya serap
klasikal 73,9?n daya serap klasikal 95%. Disimpulkan bahwa metode diskusi
dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 5 Terpencil Palasapada mata
pelajaran PKn.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode Diskusi
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/119629 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |