SITI NUR AULIA S. MANGIL (2024) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DI SDN INPRES 2 TALISE. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Siti Nur Aulia S. Mangil, 2024. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V
Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Model Project Based Learning (PjBL) Di SD Inpres
2 Taliseâ€. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu
Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako,
Pembimbing: Pahriadi, S.Pd., M.Pd.
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan
Kelas (PTK) penelitian dengan tindakan yang dilakukan di kelas. Penelitian ini
bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran Project
Based Learning (PjBL) pada siswa kelas V di SDN Inpres 2 Talise.. Subjek dalam
penelitian ini yaitu siswa kelas V dengan jumlah siswa 31 orang, yang terdiri dari 21
orang laki-laki dan 10 orang Perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan Teknik tes yang berbentuk tes pilihan ganda dengan menyesuaikan
indikator pembelajaran dan Teknik non tes yang terdiri dari Observasi, Wawancara,
serta Dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan
analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil belajar siswa
dengan menggunakan model pembelajaran project based learning (PjBL) di kelas V.
Pada Tes Awal sebesar 12,90%, Siklus I sebesar 35,48%, dan pasa siklus Il mengalami
peningkatan sebesar 87,10?ngan hal ini dinyatakan bahwa model Project Based
Learning bisa meningkatkan hasil belajar siswa. Aktivitas guru selama proses
pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran project based learning, pada
siklus I sudah mencapai kategori baik yaitu 76,19?n pada sikius II mengalami
peningkatan menjadi 92,50?ngan kategori baik sekali. Aktivitas siswa
selamaproses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran project based
learning, pada siklus I mencapai kategori baik yaitu 75,00?n pada siklus II
mengalami peningkatan menjadi 80,00?ngan kategori baik sekali.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL), Mata
Pelajaran IPA
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/119630 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |