KATRIN FALENSIA WINONO (2024) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Pembelajaran PKN Menggunakan Model Pembelajaran Quantum Teaching Di SDN 2 Gimpu. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Katrin Falensia Winono, 2024. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Pembelajaran PKN Menggunakan Model Pembelajaran Quantum Teaching di SDN 2 Gimpu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Arif Firmansyah.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang memiliki dua siklus dan empat tahap, yaitu (a) Perencanaan, (b) Pelaksanaan Tindakan, (c) Obsevasi, (d) Refleksi. Masalah yang diteliti adalah rendahnya hasil belajar. Upaya pemecahan masalah yang digunakan yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching. Penelitian tindakan ini bertujuan untuk dapat meningkatkan hasil belajar PKN siswa kelas V SDN 2 Gimpu. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 2 Gimpu yang berjumlah 12 orang siswa, yang terdiri 7 orang siswa laki-laki dan 5 orang siswa perempuan. Data dikumpulkan melalui lembar observasi guru dan siswa serta tes hasil tindakan. Hasil penelitian pada siklus I menunjukan persentase ketuntasan klasikal sebesar 66%. Sedangkan pada siklus II diperoleh persentase ketuntasan klasikal sebesar 83%. Berdasarkan presentase ketuntasan hasil belajar siklus I dan siklus II, maka telah terjadi peningkatan yang signifikan yaitu sebesar 17% pada ketuntasan klasikal. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa SDN 2 Gimpu kelas V pada pembelajaran PKN.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/119632 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |