MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPS MA DARUL IMAN PALU DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)

FITRIANA (2021) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPS MA DARUL IMAN PALU DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL). Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fitriana, 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS MA Darul Iman Palu dalam meyelesaikansoal cerita sistem persamaan linear dua variabel melalui pendekatan CTL, Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dasa Ismaimuza

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan contextual teaching and learning dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Rancangan penelitian mengacu pada model penelitian yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc.Taggart yang terdiri dari empat komponen yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Data yang dikumpulkan berupa data aktivitas guru dan siswa melalui lembar observasi, hasil wawancara dan hasil catatan lapangan. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan contextual teaching and learning dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut: (1) menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa, (2) menyajikan informasi, (3) mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok belajar, (4) membimbing kelompok bekerja dan belajar, dan (5) evaluasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS MA Darul Iman Palu yang berjumlah 3 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tes akhir siklus I terdapat 10 siswa yang tuntas dan 15 siswa tidak tuntas dengan persentase ketuntasan klasikal mencapai 40% sedangkan pada siklus II terdapat 19 siswa yang tuntas dan 6 siswa yang tidak tuntas dengan persentase ketuntasan klasikal mencapai 76%. Hasil observasi aktivitas guru dan siswa pada siklus II dalam mengikuti pembelajaran berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas X IPS MA Darul Iman Palu pada soal cerita sistem persamaan linear dua variabel melalui pendeketan CTL.

Kata Kunci: pendekatan CTL, hasil belajar, soal cerita sistem persamaan linear dua variabel.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/119648
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item