Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Kegiatan Literasi Pada Siswa Kelas IV SD Inpres 1 Tanamodindi Pada Pembelajaran Seni Budaya

SITI NUR JASNITA (2024) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Kegiatan Literasi Pada Siswa Kelas IV SD Inpres 1 Tanamodindi Pada Pembelajaran Seni Budaya. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui
kegiatan literasi pada siswa menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas
(PTK). Model penelitian ini mengacu pada yang dikemukakan oleh Kemmis &
Mc Taggart dimana penelitian ini dilaksanakan minimal 2 kali setiap siklus nya
dan setiap siklus penelitian ini memiliki 4 tahap yaitu perencanaan (planning),
Tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Penelitian
ini dilaksanakan di kelas IV SD Inpres 1 Tanamodindi, adapun subjek dari
penelitian ini yaitu siswa kelas IV berjumlah 21 siswa. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa melaksanakan kegiatan literasi dapat meningkatkan hasil
belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada ketuntasan belajar
klasikal yang sebelumnya hanya mendapat nilai 33% menjadi 100% setelah
dilaksanakan kegiatann literasi. Adapun hasil observasi guru dan siswa sudah
mendapatkan klasifikasi Baik.

Kata kunci: Hasil belajar siswa, Kegiatan literasi, Pembelajaran seni budaya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/119658
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item