AFNI CIKI CANDA DJO'U (2021) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS V SDN LEMBAH SINARA. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Afni Ciki Canda Djo?u, 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Model
Pembelajaran Berbasis Masalah pada Mata Pelajaran PKn Kelas V SDN Lembah
Sinara. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu
Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako.
Pembimbing: Arif Firmansyah.
Ceramah monoton dimana guru yang aktif, Hal ini dapat mempengaruhi
hasil belajar siswa menjadi rendah. Kondisi yang sama juga terjadi pada siswa
Kelas V di SDN Lembah Sinara. Upaya yang bisa dilakukan adalah pembelajaran
yang kreatif dan inovatif, guna meningkatkan hasil belajar PKn siswa, melihat
manfaat materi yang dipelajari dengan menghubungkannya dengan dunia nyata
yang sesuai dengan pengalaman belajarnya, salah satunya Model Pembelajaran
strategi Berbasis Masalah. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil
belajar PKn siswa, serta mengetahui kemampuan pengelolaan guru dalam
pembelajaran pada siswa Kelas V di SDN Lembah Sinara. Penelitian ini
dilaksanakan dua siklus dan berakhir di siklus II karena dinyatakan telah berhasil,
siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.
Subjek penelitian siswa Kelas V di SDN Lembah Sinara berjumlah 28 siswa,
terdiri dari 15 laki-laki dan 13 perempuan. Hasil analisis tes dilakukan pada siklus
II, diketahui dari 28 orang siswa yang mengikuti tes hanya 3 orang siswa yang
tidak tuntas sehingga persentase ketuntasan belajar klasikal mencapai 89,28%.
Peningkatan hasil belajar ini tersebut telah mencapai indikator yang ditetapkan
yaitu KBK>85%, sedangkan daya serap klasikal mencapai 71,25% yang juga
telah mencapai indikator yang ditetapkan yaitu DSK>70%. Berikut ini adalah
uraian peningkatan hasil analisis tes hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Siklus I
ketuntasan belajar klasikal 53,28% meningkat menjadi 89,28% pada tindakan
siklus II serta persentase ketuntasan daya serap individu pada siklus I 61,42%
meningkat menjadi 71,25% pada siklus II pada proses pembelajaran PKn.
Kata Kunci: Model Berbasis Masalah; Hasil Belajar; Pembelajaran PKn.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/119686 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |