MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASISSTED INDIVIDUALIZATION) PADA MATERI JARAK, WAKTU DAN KECEPATAN DI KELAS V SDN GANDALARI

NOVITA TRESSIA KORONDA (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASISSTED INDIVIDUALIZATION) PADA MATERI JARAK, WAKTU DAN KECEPATAN DI KELAS V SDN GANDALARI. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Novita Tressia K, 2020. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI Pada Materi Jarak, Waktu dan Kecepatan Di Kelas V SDN Gandalari. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Akina.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe TAI pada materi jarak waktu dan kecepatan di kelas V SDN Gandalari. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Rancangan penelitian yang digunakan adalah desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Gandalari, tahun ajaran 2019/2020 dan subjek penelitian siswa kelas V SDN Gandalari dengan jumlah siswa 13 orang. Penelitian ini menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes akhir tiap siklus, kemampuan guru dalam penguasaan kelas diperoleh melalui lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Ketuntasan belajar klasikal (KBK) pada siklus I adalah 76,92 %, kemudian pada siklus II mengalami peningkatan, menjadi 84,61 %. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I SP 80 adalah yang termasuk dalam kategori sangat baik, kemudian pada siklus II terjadi peningkatan sehingga menjadi 91,66 yang termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil observasi aktivitas peserta didik di siklus I SP sebesar 68,33 yang termasuk dalam kategori sangat baik, kemudian pada siklus II terjadi peningkatan sehingga menjadi 95 yang termasuk dalam kategori sangat baik. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi jarak, waktu dan kecepatan di kelas V SDN Gandalari.
Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI, Hasil Belajar Jarak, Waktu dan Kecepatan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/119695
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item