MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SDN 4 TERPENCIL MAGANGGAL BOBALO

FATMA (2024) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SDN 4 TERPENCIL MAGANGGAL BOBALO. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Fatma, (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas IV
SDN 4 Terpencil Maganggal Bobalo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Tadulako.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran
IPS pada siswa kelas IV SDN 4 Terpencil Maganggal Bobalo. Jenis Penelitian ini
adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini berjumlah 22 orang
yang terdiri dari siswa laki-laki 10 orang dan 12 orang siswa perempuan data yang
diperoleh adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Obyek penelitian adalah Hasil
belajar IPS menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Data
hasil penelitian ini di peroleh dari observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian
dengan meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe Think Pair Share pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN 4
Terpencil Maganggal Bobalo mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil
penelitian pada siklus I ke siklus II menunjukan Aktivitas guru pertemuan pertama
secara berturut-turut 65,55?n 80%. sedangkan pada pertemuan kedua secara
berturut-turut 71,11?n 92,22%. Aktivitas siswa dalam menerima pembelajaran
mulai dari siklus I ke Siklus II pertemuan pertama 54,44?n 77,77%. Sedangkan
pertemuan kedua 63,33?n 84,44%. Hasil belajar menunjukkan bahwa nilai Daya
Serap Individu pada siklus I adalah 76,36?ngan persentase ketuntasan belajar
secara klasikal 63,63%. Sedangkan Pada siklus ke II terjadi peningkatan yang
signifikan Daya Serap Individu meningkat menjadi 96,81?ngan persentase
ketuntasan belajar klasikal 100%. berdasarkan hasil tersebut bisa disimpulkan bahwa
dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dapat
meningkatkan hasil belajar siswa SDN 4 Terpencil Maganggal Bobalo pada mata
pelajaran IPS.

Kata Kunci : Hasil Belajar, IPS, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair
Share

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/119709
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item