MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECTBASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPA BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN DI KELAS VB SDN 24 PALU

MUTMAINA (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECTBASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPA BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN DI KELAS VB SDN 24 PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mutmaina, 2023. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Pelajaran IPA Berbantuan Media Pembelajaran Di Kelas VB SDN 24 Palu. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Univesitas Tadulako. Pembimbing Nur Rahma, S.Si., M.Pd.

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan media pembelajaran di kelas VB SDN 24 Palu, jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan Tindakan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VB SDN 24 Palu yang berjumlah 24 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PjBL berbantuan media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari hasil yang diperoleh ketuntasan belajar siswa sebesar 16,67% pada tes awal. Siklus I dan siklus II diperoleh ketuntasan belajar siswa sebesar 62,5?n 87,5%. Hasil aktivitas siswa pada siklus I dan siklus II sebesar 78,94?n 80,26%. Hasil aktivitas guru pada siklus I dan siklus II sebesar 76,25?n 91,25%. Selain itu aktivitas belajar menggunakan model PjBL berbantuan media pembelajaran mampu meningkatkan keaktifan siswa, mampu bekerja sama dalam kelompok dan mendiskusikan terkait proyek, meningkatkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi, presentasi dan tanya jawab. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VB materi manusia dan lingkungan di SDN 24 Palu

Kata Kunci : Model Project Based Learning (PjBL), Media Pembelajaran, Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPA

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/119717
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item