MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA POWER POINT PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SDN MATIALEMBA

APRIYANTO TAMPANDJO (2022) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA POWER POINT PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SDN MATIALEMBA. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Apriyanto Tampandjo (2022). Meningkatkan Hasil Belajar siswa menggunakan
Media Power Point pada Mata Pelajaran IPA dikelas V SDN MATIALEMBA.
Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan
, Universitas Tadulako. Pembimbing Yun Ratna Lagandesa
Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui Meningkatnya Hasil Belajar siswa
menggunakan Media Power Point pada Mata Pelajaran IPA dikelas V SDN
Matialemba.. Penelitian ini menggunakan pendekatan Peneltian PTK. Subjek
dalam penelitian ini adalah Siswa kelas V SDN Matialemba yang berjumlah 12
orang siswa laki-laki 5 Orang, Perempuan 7 Orang. Dalam penelitian ini
digunakan adalah model penelitian bersiklus yang mengacu pada desain penelitian
tindakan kelas (classroom action research). Penggunaan media power point pada
pembelajaran Ipa, dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas V, khususnya
kemampuan siswa dalam memahami materi ekosistem.
Hasil Observasi siwa siklus I yaitu presentasi nilai rata-rata 53,84 ?n di
kategorikan cukup dan hasil observasi siklus II yaitu presentasi nilai rata-rata
54,54 ?n di kategorikan cukup.
Keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor rata-rata 53,84?ngan
kategori cukup, pada siklus II memperoleh skor rata-rata 84,61?ngan kategori
baik. Berdasarkan data tersebut, dapat dilihat bahwa keterampilan guru
mengalami peningkatan. Aktivitas siswa dapat meningkat dengan menggunakan
media power point. Hal ini dapat dilihat bahwa pada siklus I, siswa memperoleh
skor rata-rata 54,54?ngan kategori cukup, dan meningkat pada siklus II
dengan skor rata-rata 81,81%, dengan kategori baik. Kemampuan siswa dalam
memahami materi ekosistem dapat meningkat melalui media power point. Pada
siklus 1 siswa memperoleh skor rata-rata 67,70?ngan ketuntasan klasikal
sebesar 33,33%. Pada siklus II, baik nilai rata-rata siswa maupun ketuntasan
klasikal siswa mengalami peningkatan. Nilai rata-rata siswa siklus II adalah
90,62?ngan ketuntasan klasikal sebesar 91.66%
Kata Kunci : Hasil Belajar, Media, Power Point, Mata Pelajaran IPA

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/119728
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item