MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PEMBAGIAN BILANGAN BULAT DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY DI KELAS IV SDN 8 LABUAN

MOHAMMAD ARIF (2024) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PEMBAGIAN BILANGAN BULAT DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY DI KELAS IV SDN 8 LABUAN. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Moh Arif, 2022. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran
Pembagian Bilangan Bulat Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Course
Review Horay di Kelas IV SDN 8 Labuan. Skripsi, Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing
Abdul Rahman
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata
pelajaran Matematika Khususnya pada materi pembagian bilangan bulat pada
siswa kelas IV SDN 8 Labuan yang berjumlah 25 siswa yang terdiri dari 11 orang
laki-laki dan 14 orang perempuan dengan menerapkan model pembelajaran
Course Review Horay (CRH) . Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas
(PTK). Desain penelitian ini mengikuti alur penelitian Model Kemmis dan Mc.
Taggart terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi
dan refleksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa
kelas IV SDN 8 Labuan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, materi pada
siklus I yaitu mengenal rangka manusia dan pada siklus II yaitu fungsi rangka.
Hasil belajar pada pra tindakan yaitu daya serap klasikal 66,2 ?n ketuntasan
belajar klasikal 48 %. Hasil observasi kegiatan guru pada siklus I memperole nilai
rata-rata 69,44 ?rada pada kategori cukup, pada siklus II diperoleh nilai ratarata 94,44 ?rada pada kategori sangat baik. Hasil observasi kegiatan siswa
pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 65 ?rada pada kategori cukup, pada
siklus II kegiatan siswa memperoleh nilai rata-rata 92,5 ?rada dalam kategori
sangat baik. Hasil belajar siswa pada tindakan siklus I daya serap klasikal 71,28 ?n ketuntasan belajar klasikal 64 %. Hasil belajar pada siklus II daya serap
klasikal 87,6 ?n ketuntasan belajar klasikal 92 %. Hal ini berarti pembelajaran
pada siklus II telah memenui indikator keberhasilan penelitian dengan ketuntasan
belajar klasikal memperole nilai minimal 80 % maka dapat disimpulkan bahwa
Penggunaan Model pembelajaran Course Review Horay pada Mata Pelajaran
Pembagian Bilangan Bulat dapat menigkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 8
Labuan.
Kata kunci: Pembelajaran Pembagian Bilangan Bulat, Model
Pembelajaran Course Review Horay dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/119741
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item