MOHAMMAD ARIF (2024) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PEMBAGIAN BILANGAN BULAT DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY DI KELAS IV SDN 8 LABUAN. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Moh Arif, 2022. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran 
Pembagian Bilangan Bulat Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Course 
Review Horay di Kelas IV SDN 8 Labuan. Skripsi, Program Studi Pendidikan 
Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing 
Abdul Rahman
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata 
pelajaran Matematika Khususnya pada materi pembagian bilangan bulat pada 
siswa kelas IV SDN 8 Labuan yang berjumlah 25 siswa yang terdiri dari 11 orang 
laki-laki dan 14 orang perempuan dengan menerapkan model pembelajaran 
Course Review Horay (CRH) . Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas 
(PTK). Desain penelitian ini mengikuti alur penelitian Model Kemmis dan Mc. 
Taggart terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi 
dan refleksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa 
kelas IV SDN 8 Labuan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, materi pada 
siklus I yaitu mengenal rangka manusia dan pada siklus II yaitu fungsi rangka. 
Hasil belajar pada pra tindakan yaitu daya serap klasikal 66,2 ?n ketuntasan 
belajar klasikal 48 %. Hasil observasi kegiatan guru pada siklus I memperole nilai 
rata-rata 69,44 ?rada pada kategori cukup, pada siklus II diperoleh nilai ratarata 94,44 ?rada pada kategori sangat baik. Hasil observasi kegiatan siswa 
pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 65 ?rada pada kategori cukup, pada 
siklus II kegiatan siswa memperoleh nilai rata-rata 92,5 ?rada dalam kategori 
sangat baik. Hasil belajar siswa pada tindakan siklus I daya serap klasikal 71,28 ?n ketuntasan belajar klasikal 64 %. Hasil belajar pada siklus II daya serap 
klasikal 87,6 ?n ketuntasan belajar klasikal 92 %. Hal ini berarti pembelajaran 
pada siklus II telah memenui indikator keberhasilan penelitian dengan ketuntasan 
belajar klasikal memperole nilai minimal 80 % maka dapat disimpulkan bahwa 
Penggunaan Model pembelajaran Course Review Horay pada Mata Pelajaran 
Pembagian Bilangan Bulat dapat menigkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 8 
Labuan.
Kata kunci: Pembelajaran Pembagian Bilangan Bulat, Model 
Pembelajaran Course Review Horay dan Hasil Belajar.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) | 
|---|---|
| Commentary on: | Eprints 0 not found. | 
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar | 
| SWORD Depositor: | Users 0 not found. | 
| Depositing User: | Users 0 not found. | 
| Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 | 
| Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 | 
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/119741 | 
| Baca Full Text: | Baca Sekarang | 

