MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI KELAS IV SDN 18 SIRENJA

MOH. ASSYIFA RADJAMUSU (2024) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI KELAS IV SDN 18 SIRENJA. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Moh. Assyifa Radjamusu (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Jigsaw pada SDN 18 Sirenja Kelas IV. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Rizal.

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Terdiri beberapa aspek tindakan dan pengamatan utama yaitu peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Adapun permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di Kelas IV SDN 18 Sirenja. Penelitian dilaksanakan di SDN 18 Sirenja, melibatkan 14 orang siswa terdiri atas 5 orang laki-laki dan 9 orang perempuan yang terdaftar pada tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan McTaggart yang terdiri atas dua siklus. Di mana pada setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan di kelas dan setiap siklus terdiri empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tindakan siklus I diperoleh ketuntasan klasikal 64,28?n daya serap klasikal 67,85%. Pada tindakan siklus II diperoleh ketuntasan klasikal 100?n daya serap klasikal 77,85%. Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan dengan nilai ketuntasan belajar klasikal minimal 80?n daya serap klasikal minimal 65%. Berdasarkan nilai rata-rata daya serap klasikal dan ketuntasan belajar klasikal pada kegiatan pembelajaran siklus II, maka dapat disimpulkan bahwa perbaikan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS di SDN 18 Sirenja.
Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Kooperatif tipe Jigsaw, IPS

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/119744
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item