MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MELALUI METODE INKUIRI DI KELAS V SDKT GUNUNG PAKUKU

ALIDIN (2024) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MELALUI METODE INKUIRI DI KELAS V SDKT GUNUNG PAKUKU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Alidin. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Dengan
Melalui Metode Inkuiri Di Kelas V SDKT Gunung Pakuku. Skripsi, Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing, Pahriadi.

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V pada
mata pelajaran IPS Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar
siswa kelas V SDKT Gunung Pakuku. Subyek penelitian melibatkan 36 siswa yang
terdaftar pada tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan desain
penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri atas dua siklus. Pada setiap siklus
dilaksanakan dua kali pertemuan. Hasil penelitian, pra tindakan persentasi
ketuntasan hanya mencapai 22,22?n daya serap klasikal 46,94% (9 siswa yang
tuntas). Hasil penelitian siklus I dengan persentasi ketuntasan yaitu 55,5?n daya
serap klasikal 67,77% (20 siswa yang tuntas). Meningkat pada tindakan siklus II
dengan persentasi ketuntasan klasikal 100?n daya serap klasikal 91,38%.
Persentasi ketuntsan belajar klasikal dari siklus I ke siklus II sebesar 100%. Ratarata
nilai pada proses kagiatan guru dan siswa dalam penelitian ini masuk dalam kategori
baik dari hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa dengan metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa SDKT Gunung Pakuku.

Kata Kunci : Hasil belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial, Metode inquiri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/119755
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item