Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Dengan Melalui Metode Inquiry Di Kelas V SDN Dusuna

ZULFIN (2024) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Dengan Melalui Metode Inquiry Di Kelas V SDN Dusuna. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Zulfin, 2024. Penerapan Model Pembelajaran Inquiry untuk Meningkatkan Hasil
Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN Dusunan. Skripsi, Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako.
Pembimbing, Herlina
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang memiliki dua siklus
dan empat tahap, yaitu (a) Perencanaan, (b) Pelaksanaan Tindakan, (c) Obsevasi, (d)
Refleksi. Masalah yang diteliti adalah rendahnya hasil belajar. Upaya pemecahan
masalah yang digunakan yaitu dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri.
Penelitian tindakan ini bertujuan untuk dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa
kelas V SDN Dusunan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Dusunan yang
berjumlah 25 orang siswa, yang terdiri 10 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa
perempuan. Data dikumpulkan melalui lembar observasi guru dan siswa serta tes hasil
tindakan. Hasil penelitian pada siklus I menunjukan presentasi daya serap klasikal
siswa sebesar 68% serta persentase ketuntasan klasikal sebesar 64%. Sedangkan pada
siklus II diperoleh persentase daya serap klasikal siswa sebesar 76% serta presentasi
ketuntasan klasikal sebesar 84%. Berdasarkan presentase ketuntasan hasil belajar
siklus I dan siklus II, maka telah terjadi peningkatan yang signifikan yaitu pada daya
serap klasikal terjadi peningkatan sebesar 8?ri siklus I sebesar 68?n siklus II
sebesar 76%. Begitu juga pada ketuntasan klasikal terjadi peningkatan yang signifikan
yaitu sebesar 20?ri siklus I sebesar 64?n siklus II sebesar 84%. Berdasarkan
hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran
inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa SDN Dusunan kelas V pada mata
pelajaran IPS.

Kata kunci ; Model Pembelajaran Inkuiri, Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPS

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/119756
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item