MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI METODE DISKUSI KELAS V SDN DONGGALA KODI

FAUJAN (2021) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI METODE DISKUSI KELAS V SDN DONGGALA KODI. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Faujan (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran
IPS Melalui Metode Diskusi di SDN Donggala Kodi. Skripsi, Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan
dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Huber. Y. Tandi,
Pembimbing (II) Yun Ratna Lagandesa.

Masalah dalam penelitian ini yaitu apakah dengan menggunakan metode
diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok pembahasan suber
daya alam di Indonesia pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN Donggala Kodi?
Tujuan penelitian ini yaitu untuk menjelaskan peningkatan hasil belajar siswa
pada pokok pembahasan sumber daya alam di Indonesia pada pelajaran IPS
dengan menggunakan metode diskusi di kelas V SDN Donggala Kodi. Penelitian
ini dilaksanakan di SDN Donggala Kodi, melibatkan 26 orang siswa terdiri atas
10 orang laki-laki dan 16 orang perempuan yang terdaftar pada tahun ajaran
2014/2015. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc.
Taggart yang terdiri atas dua siklus. Di mana pada setiap siklus dilaksanakan dua
kali pertemuan di kelas dan setiap siklus terdiri empat tahap yaitu perencanaan,
pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada
tindakan siklus I diperoleh ketuntasan klasikal 57,69?n daya serap klasikal
siswa 63,85%. Pada tindakan siklus II diperoleh ketuntasan klasikal 92,31?n
daya serap klasikal siswa 86,15%. Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II telah
memenuhi indikator keberhasilan dengan ketuntasan belajar klasikal minimal 80?n daya serap klasikal minimal 65%. Dengan demikian, maka dapat disimpulkan
bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi dapat meningkatkan
hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN Donggala Kodi.

Kata Kunci : Peningkatan Hasil Belajar Siswa, Mata Pelajaran IPS dan Metode
Diskusi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/119774
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item