Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Melalui Metode Inkuiri Di Kelas IV SDN 18 Balaesang.

YULIANA RUSTAM (2020) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Melalui Metode Inkuiri Di Kelas IV SDN 18 Balaesang. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Yuliana Rustam,2020. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Inkuiri Pada Mata Pembelajaran IPS Di Kelas IV SDN 18 Balaesang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Huber Yaspin Tandi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Inkuiri Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV di SDN 18 Balaesang. Penelitian dilaksanakan dalam II siklus dan diterapkan pada siswa kelas IV SDN 18 Balaesang dengaan jumlah 22 siswa, yang terdiri dari 12 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan observasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, hasil belajar siklus I ketuntasan belajar klasikal 63,63?n siklus II yaitu 86,36%. Persentase hasil observasi kegiatan guru siklus I sebesar 73,80% dikategorikan baik dan siklus II sebesar 95,23% dikategorikan sangat baik, sedangkan hasil observasi kegiatan siswa siklus I sebesar 76,19% dikategorikan baik. Sedangkan hasil observasi siklus II 92,85% dikategorikan sangat baik. Hal ini menunjukan bahwa jika diterapkan metode pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN 18 Balaesang.
Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Metode Inkuiri, Mata pelajaran IPS

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/119776
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item