MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI METODE PEMBELAJARAN INTERAKTIF DI KELAS V SDN 3 POSO

NURHAYATI SYAHNIN LATALEBO (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI METODE PEMBELAJARAN INTERAKTIF DI KELAS V SDN 3 POSO. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nurhayati Syahnin Latalebo (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS melalui Metode Pembelajaran Interaktif di Kelas V SDN 3 Poso. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Arif Firmansyah, Pembimbing (II) Yun Ratna Lagandesa.

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah metode pembelajaran interaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS di SDN 3 Poso? Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah metode pembelajaran interaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS di SDN 3 Poso. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SDN 3 Poso, melibatkan 31 orang siswa terdiri atas 13 orang laki-laki dan 18 orang perempuan yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri atas dua siklus. Di mana pada setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan di kelas dan setiap siklus terdiri empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pada Pra tindakan persentase daya serap klasikal mencapai 46,45?n ketuntasan belajar klasikal 38,71%. Hasil tindakan siklus I menunjukkan persentase daya serap klasikal mencapai 67,10?n ketuntasan belajar klasikal mencapai 74,19%. Hasil tindakan siklus II menunjukkan persentase daya serap klasikal mencapai 82,90?n ketuntasan belajar klasikal 93,55%. Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan dengan ketuntasan belajar klasikal minimal 80?n persentase daya serap klasikal minimal 65%. Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran interaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 3 Poso.

Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa dan Metode pembelajaran interaktif

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/119785
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item