NONI AURELIA (2022) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI METODE TANYA JAWAB KELAS V SDN BALANE. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Noni Aurelia, 2022. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Melalui Metode Tanya Jawab Kelas V SDN Balaneâ€. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Rizal, S.Ag. M.Pd.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengungkapkan penggunaan metode tanya jawab dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada pelajaran IPS di SDN Balane. (2) mengetahui seberapa jauh keberhasilan pembelajaran IPS setelah diterapkannya metode tanya jawab pada siswa kelas V SDN Balane. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, kegiatan, pengamatan, dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah kelas V SDN Balane. Data yang diperoleh berupa Pre Test dan Post Test. Dari hasil analisis didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 81 dengan dengan N-Gain 0,59 (kategori sedang) pada siklus II lebih besar dari hasil siklus I dengan N-Gain 0,48. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan metode tanya jawab dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran IPS.
Kata Kunci : Hasil belajar, Tanya Jawab , IPS
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/119790 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |