MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI METODE TANYA JAWAB KELAS V SDN BALANE

NONI AURELIA (2022) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI METODE TANYA JAWAB KELAS V SDN BALANE. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Noni Aurelia, 2022. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Melalui Metode Tanya Jawab Kelas V SDN Balane”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Rizal, S.Ag. M.Pd.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengungkapkan penggunaan metode tanya jawab dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada pelajaran IPS di SDN Balane. (2) mengetahui seberapa jauh keberhasilan pembelajaran IPS setelah diterapkannya metode tanya jawab pada siswa kelas V SDN Balane. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, kegiatan, pengamatan, dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah kelas V SDN Balane. Data yang diperoleh berupa Pre Test dan Post Test. Dari hasil analisis didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 81 dengan dengan N-Gain 0,59 (kategori sedang) pada siklus II lebih besar dari hasil siklus I dengan N-Gain 0,48. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan metode tanya jawab dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran IPS.
Kata Kunci : Hasil belajar, Tanya Jawab , IPS

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/119790
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item