MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH KELAS V SDN 5 TERPENCIL PALASA

LINCAN (2024) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH KELAS V SDN 5 TERPENCIL PALASA. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK


Lincan (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS
melalui Metode Pembelajaran Berbasis Masalah Kelas V SDN 5 Terpencil Palasa.
Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako.

Masalah utama dalam penelitian tindakan kelas ini adalah rendahnya kemampuan
hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS, hal ini dikarenakan guru yang
mengajar hanya menggunakan metode konvensional seperti ceramah dan
pemberian tugas hal ini membuat siswa merasa bosan dan sering tidur dalam
kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam
pembelajaran IPS melalui metode Pembelajaran Berbasis Masalah di Kelas V
SDN 5 Terpencil Palasa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang
dilaksanakan secara bersiklus. Berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa dan
guru serta analisis hasil belajar siswa dapat disimpulkan bahwa pembelajaran
melalui metode Pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar
siswa pada mata pelajaran IPS Kelas Kelas V SDN 5 Terpencil Palasa. Hal ini
ditunjukkan dengan peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I dengan perolehan
ketuntasan belajar klasikal 66,66?n daya serap klasikal 65,27% menjadi 100%
untuk ketuntasan belajar siswa dan 81,94% untuk daya serap klasikal pada siklus
II. Aktivitas guru pada siklus I pertemuan pertama mencapai 56,25?n pada
pertemuan kedua mencapai 62,50?ngan kategori cukup, pada siklus II terjadi
peningkatan pada pertemuan pertama mencapai 78,13?n pada pertemuan
kedua mencapai 87,50?ngan kategori sangat baik. Sedangkan aktivitas siswa
pada siklus I pertemuan pertama mencapai 50?n pada pertemuan kedua
56,25?ngan kategori cukup, pada siklus II terjadi peningkatan pada pertemuan
pertama yaitu 75?n pada pertemuan kedua mencapai 90,63?ngan kategori
sangat baik.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode Pembelajaran Berbasis Masalah

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/119791
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item