Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Di Kelas IB SDN 2 Tatura

TRI WULANDARI (2022) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Di Kelas IB SDN 2 Tatura. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tri Wulandari (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran
IPS dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Jigsaw pada SDN 2 Tatura
Kelas IV. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu
Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako.
Pembimbing Rizal, S.Ag., M.Pd
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Terdiri beberapa aspek tindakan
dan pengamatan utama yaitu peningkatan hasil belajar siswa dengan
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Adapun permasalahan
dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ips di
Kelas IV SDN 2 Tatura. Penelitian dilaksanakan di SDN 2 Tatura, melibatkan 14
orang siswa terdiri atas 5 orang laki-laki dan 9 orang perempuan yang terdaftar
pada tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan desain penelitian
Kemmis dan McTaggart yang terdiri atas dua siklus. Di mana pada setiap siklus
dilaksanakan dua kali pertemuan di kelas dan setiap siklus terdiri empat tahap
yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pada tindakan siklus I diperoleh ketuntasan klasikal 64,28?n daya serap klasikal 67,85%. Pada tindakan siklus II diperoleh ketuntasan
klasikal 100?n daya serap klasikal 77,85%. Hal ini berarti pembelajaran pada
siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan dengan nilai ketuntasan belajar
klasikal minimal 80?n daya serap klasikal minimal 65%. Berdasarkan nilai
rata-rata daya serap klasikal dan ketuntasan belajar klasikal pada kegiatan
pembelajaran siklus II, maka dapat disimpulkan bahwa perbaikan pembelajaran
dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat
meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS di SDN 2
Tatura.
Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Kooperatif tipe Jigsaw, IPS

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/119795
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item