NURUL IZZA (2021) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PALAJARAN IPS MELALUI METODE PETA KONSEP DI KELAS VI MI SINIU ( MADRASAH IBTIDAIYAH ALKHAIRAT SINIU ). Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Nurul Izza (2021).Meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS
dengan metode peta konsep di kelas VI Mis Alkahairat Siniu. Skripsi Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan , Fakultas
Keguruan Dan Ilmu Pendidikan , Universitas Tadulako. Pembimbing Rizal,
S.Ag.M.Pd
Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar
siswa kelas VI Mis Alkhairat siniu mata pelajaran IPS dapat ditingkatkan melalui
penggunaan metode peta konsep.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan
hasil belajar siswa kelas VI Mis Alkhairat Siniu pada mata pelajaran IPS melalui
penggunaan metode peta konsep.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan
kelas yang dilakukan yang dilakukan dalam 2 (dua) siklus,dengan subyek
penelitian sebanyak 23 siswa.Analisis data menggunakan analisis deskriptif
kualitatif.Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui hasil tes evaluasi akhir dari
setiap siklus,diperoleh daya serap klasikal pada siklus I yaitu 72,17% sedangkan
pada suiklus II meningkat menjadi yaitu 86,95%. Ketuntasan belajar klasikal
pada siklus I adalah 72,17% mengalami peningkatan pada siklus II 188,69% .
Hasil observasi aktifitas guru pada siklus I diperoleh presentase rata-rata 78 %
termaksud kategori cukup,mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 98%
kategori sangat baik.Hasil observasi aktifitas siswa pada siklus I diperoleh
persente rata-rata 78% termaksud kategori cukup,mengalami peningkatan pada
siklus II menjadi 98% kategori sangat baik.Hasil obsersi aktifitas siswa siklus I
diperoleh 70%,kategori baik ,mengalami peningkatan siklus II yaitu menjadi 88%,
kategori sangat baik.Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah
hasil belajar siswa pada mata pelajran IPS siswa kelas VI Mis Alkhairat Siniu
ditingkatkan melalui penerapan metode peta konsep.
Kata Kunci: Hasil Belajar,Metode Peta Konsep
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/119829 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |