MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DI KELAS III SD INPRES 2 LOLU

YANTI OCTAVIANI TULUS (2022) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DI KELAS III SD INPRES 2 LOLU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Yanti Octaviani Tulus (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata
Pelajaran IPS Melalui Pembelajaran Kooperatif di Kelas III SD Inpres 2 Lolu.
Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing:
Rizal.
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah model pembelajaran
kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran
IPS di SD Inpres 2 Lolu? Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah
model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III
pada mata pelajaran IPS di SD Inpres 2 Lolu. Penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas yang dilaksanakan di SD Inpres 2 Lolu, melibatkan 12 orang
siswa terdiri atas 6 orang laki-laki dan 6 orang perempuan yang terdaftar pada
tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis
dan Mc. Taggart yang terdiri atas dua siklus. Di mana pada setiap siklus
dilaksanakan dua kali pertemuan di kelas dan setiap siklus terdiri empat tahap
yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pada pada Pra tindakan persentase daya serap klasikal
mencapai 48,33?n ketuntasan belajar klasikal 33,33%. Hasil tindakan siklus I
menunjukkan persentase daya serap klasikal mencapai 67,50?n ketuntasan
belajar klasikal mencapai 67%. Hasil tindakan siklus II menunjukkan persentase
daya serap klasikal mencapai 88,33?n ketuntasan belajar klasikal 100%. Hal
ini berarti pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan
dengan ketuntasan belajar klasikal minimal 80?n persentase daya serap
klasikal minimal 65%. Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif dapat
meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas III SD Inpres 2
Lolu.
Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa dan Model Pembelajaran Kooperatif

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/119830
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item