RISCA OLIVIANA (2022) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SBK MATERI MENGGAMBAR MELALUI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING ( CTL ) PADA SISWA KELAS IV SDN IV SINDUE. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Risca Oliviana, 2021. “ Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran
SBK Materi Menggambar Melalui Model Contextual Teaching And Learning (
CTL ) Pada Siswa Kelas IV SDN 4 Sindueâ€. Skripsi, Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako.
Pembimbing Yun Ratna Lagandesa.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan meninggkatkan hasil belajar
siswa pada mata pelajaran SBK materi menggambar melalui model CTL
(Contextual Teaching and Learning) pada siswa Kelas IV SDN 4 Sindue.
Rancangan penelitian ini mengacu pada model penelitian tindakan kelas yang
dikemukakan oleh Kemmis dan Mc.Taggart yang terdiri atas empat komponen
perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan
dalam 2 siklus. Metode yang digunakan adalah CTL. Subjek penilitian ini adalah
Sdn 4 Sindue, setting penelitian siswa kelas IV yang berjumlah 23 siswa yang
dimana laki-lakinya berjumlah 13 orang dan perempuan berjumlah 10 orang.
Data yang dikumpulkan dengan teknik tes dan observasi yang bersumber dari
siswa. Selanjutnya data yang sudah dikumpulkan dianalisis dengan cara deskriptif
dengan rumus presentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui tes
evaluasi akhir dari setiap siklus, diperoleh daya serap klasikal pada siklus I yaitu
13,04% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 91,3%. Hasil observasi
aktifitas guru pada siklus I diperoleh rata-rata 32,8% termaksut kategori kurang,
mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 81,4% kategori baik. Hasil
observasi siswa siklus I diperoleh persentase rata-rata 47%, kategori cukup,
mengalami peningkatan siklus II yaitu menjadi 76,6% kategori baik Dengan
demikian dapat disimpulkan penggunaan model CTL dapat meningktakan hasil
belajar siswa Kelas IV SDN 4 Sindue dalam materi menggambar.
Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Model CTL ( Contextual Teaching and
Learning ) menggambar kolase.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/119834 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |