MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE NHT DI KELAS IV SD INPRES 2 KOTARAYA

WIDIYANTI (2021) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE NHT DI KELAS IV SD INPRES 2 KOTARAYA. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Widiyanti 2020, Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Operasi Hitung
Campuran dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe NHT di Kelas IV SD Inpres
2 Kotaraya. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu
Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako.
Pembimbing Akina.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam
pembelajaran matematika materi operasi hitung campuran pada siswa Kelas IV SD
Inpres 2 Kotaraya. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas
(PTK). Rancangan penelitian yang digunakan adalah desain penelitian Kemmis dan
Mc. Taggart yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.
Penelitian ini dilaksanakan di SD Inpres 2 Kotaraya, tahun ajaran 2020/2021 dan
subjek penelitian siswa kelas IV SD Inpres 2 Kotaraya dengan jumlah siswa 15
orang. Penelitian ini menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif. Data yang
diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes
awal dan tes akhir tiap siklus, kemampuan guru dalam penguasaan kelas diperoleh
melalui lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Skor perolehan (SP) pada
lembar observasi aktivitas guru pada siklus I adalah 58, kemudian pada siklus II
terjadi peningkatan sebanyak 5 menjadi 63 kemudian Skor Perolehan (SP) pada
lembar observasi aktivitas siswa pada I adalah 48 kemudian terjadi peningkatan pada
siklus II sebesar 59. Ketuntasan belajar klasikal (KBK) pada siklus I adalah 73,3?ngan kategori baik, kemudian pada siklus II mengalami peningkatan sehingga
menjadi 86,6% termasuk dalam kategori baik. Hal ini membuktikan bahwa penerapan
model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa
pada materi operasi hitung campuran di kelas IV SD Inpres 2 Kotaraya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/119845
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item