MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI PADA KELAS IV SD GKST BADANGKAIA LORE SELATAN KABUPATEN POSO

AVIKA KODEAK (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI PADA KELAS IV SD GKST BADANGKAIA LORE SELATAN KABUPATEN POSO. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Avika Kodea, 2023. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPS dengan
Menggunakan Media Animasi pada Kelas IV SD GKST Badangkaia”. Skripsi,
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Arif
Firmansyah, S.Pd.,M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah dengan menggunakan media animasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS di kelas IV SD GKST Badangkaia. Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD GKST Badangkaia pada mata pelajaran IPS melalui penerapan media pembelajaran animasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan
dalam dua siklus. Tahap dalam penelitian ini meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan
tindakan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputih hasil belajar siswa, hasil observasi aktivitas guru dan siswa yang diambil dari lembar
observasi kegiatan guru dan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tindakan siklus I diperoleh ketuntasan belajar klasik sebesar
47,36%, namun hasil belajar tersebut belum mencapai indikator capaian yakni 85%,
maka dilanjutkan pada siklus II. Pada tindakan pelaksanaan siklus II diperoleh ketuntasan belajar klasik sebesar 93,76% terdapat 18 siswa yang tuntas dari 19 siswa
yang mengikuti tes dan terjadi peningkatan sebesar 46,4?ri hasil pelaksanaan siklus I. Aktivitas guru, meningkat dari 71,42% pada siklus I menjadi 92,85% pada siklus II. Aktivitas belajar siswa meningkat dari 71,66% pada siklus I menjadi 96,66% pada
siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan media
animasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS di kelas IV SD GKST Badangkaia, serta meningkatkan aktivitas yang lebih baik pada siswa.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran IPS, Media Animasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/119848
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item