Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ips Menggunakan Model Inkuiri Kelas V SD Inpres Dolago Padang

NILUH MERY ADVENIA (2024) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ips Menggunakan Model Inkuiri Kelas V SD Inpres Dolago Padang. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang memiliki dua siklus
dan empat tahap, yaitu (a) Perencanaan, (b) Pelaksanaan Tindakan, (c) Obsevasi, (d)
Refleksi. Masalah yang diteliti adalah rendahnya hasil belajar. Upaya pemecahan
masalah yang digunakan yaitu dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri.
Penelitian tindakan ini bertujuan untuk dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa
kelas V SD Inpres Dolago Padang. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Inpres
Dolago Padang yang berjumlah 25 orang siswa, yang terdiri 10 orang siswa laki-laki
dan 15 orang siswa perempuan. Data dikumpulkan melalui lembar observasi guru dan
siswa serta tes hasil tindakan. Hasil penelitian pada siklus I menunjukan presentasi
daya serap klasikal siswa sebesar 68% serta persentase ketuntasan klasikal sebesar
64%. Sedangkan pada siklus II diperoleh persentase daya serap klasikal siswa sebesar
76% serta presentasi ketuntasan klasikal sebesar 84%. Berdasarkan presentase
ketuntasan hasil belajar siklus I dan siklus II, maka telah terjadi peningkatan yang
signifikan yaitu pada daya serap klasikal terjadi peningkatan sebesar 8?ri siklus I
sebesar 68?n siklus II sebesar 76%. Begitu juga pada ketuntasan klasikal terjadi
peningkatan yang signifikan yaitu sebesar 20?ri siklus I sebesar 64?n siklus II
sebesar 84%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan
menerapkan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa SD
Inpres Dolago Padang kelas V pada pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/119857
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item