SARLINA (2022) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI MEDIA GAMBAR DI KELAS II SD INPRES 1 PAKULI. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Sarlina (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS melalui
Media Gambar di Kelas II SD Inpres 1 Pakuli. Skripsi, Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Rizal.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SD
Inpres 1 Pakuli melalui penggunaan media gambar pada mata pelajaran IPS.
Penelitian tindakan mengacu pada model Kemmis dan Mc.Taggart meliputi
perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa aktivitas guru siklus I diperoleh presentase 64,29%, pada siklus
II 89,28% presentase peningkatan aktivitas guru yaitu 20,83%. Untuk aktivitas siswa
siklus I diperoleh presentase 66,07?n meningkat menjadi 91,07% pada siklus II
sehingga presentase peningkatan aktivitas siswa 25%. Ini menunjukan bahwa pada
aktivitas guru dan siswa pada siklus 1 masuk kategori cukup sedangkan pada siklus II
aktivitas guru dan siswa berada dalam kategori sangat baik. Hasil belajar diperoleh
presentase daya serap klasilal pada siklus I mencapai 65,71?n pada tindakan
siklus II meningkat menjadi 84,76% sedangkan ketuntasan belajar klasikal pada
siklus 1 mencapai 57,14?n pada siklus II mengalami peningkatan dengan
presentase ketuntasan belajar klasikal mencapai 90,47%. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa penggunaan media gambar pada pembelajaran IPS dapat
meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SD Inpres 1 Pakuli.
Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, IPS, Media Gambar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/119875 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |