FADLUN (2022) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DI KELAS II SD INPRES 3 LERE. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Fadlun (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS melalui Penggunaan
Media Gambar di Kelas II SD Inpres 3 Lere. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako.
Pembimbing: Huber Yaspin. Tandi dan Rizal.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SD Inpres 3 Lere
melalui penggunaan media gambar pada mata pelajaran IPS. Penelitian tindakan mengacu pada
model Kemmis dan Mc.Taggart meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan
refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru siklus I diperoleh presentase
64,29%, pada siklus II 89,28% presentase peningkatan aktivitas guru yaitu 20,83%. Untuk
aktivitas siswa siklus I diperoleh presentase 66,07?n meningkat menjadi 91,07% pada siklus
II sehingga presentase peningkatan aktivitas siswa 25%. Ini menunjukan bahwa pada aktivitas
guru dan siswa pada siklus 1 masuk kategori cukup sedangkan pada siklus II aktivitas guru dan
siswa berada dalam kategori sangat baik. Hasil belajar diperoleh presentase daya serap klasilal
pada siklus I mencapai 65,71?n pada tindakan siklus II meningkat menjadi 84,76%
sedangkan ketuntasan belajar klasikal pada siklus 1 mencapai 57,14?n pada siklus II
mengalami peningkatan dengan presentase ketuntasan belajar klasikal mencapai 90,47%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar pada pembelajaran IPS
dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SD Inpres 3 Lere.
Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, IPS, Media Gambar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/119891 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |