MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWAMENGGUNAKAN METODE INKUIRI PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V DI SDN KILO OBYEK

NI KADEK SUKERTI ASIH (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWAMENGGUNAKAN METODE INKUIRI PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V DI SDN KILO OBYEK. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nikadek Sukerti Asih, 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Inkuiri Pada Mata Pembelajaran IPS Kelas V di SDN Kilo Obyek. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Arif Firmansyah

Tujuan peneliti dalam penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Inkuiri Pada Mata Pembelajaran IPS Kelas V di SDN Kilo Obyek. Penelitian dilaksanakan dalan II siklus dan diterapkan pada siswa kelas V SDN Kilo Obyek dengan jumlah 22 siswa, yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan observasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, hasil belajar siklus I ketuntasan belajar klasikal 63,63?n siklus II yaitu 86,36%. Persentase hasil observasi kegiatan guru siklus I sebesar 70,45% dikategorikan biak dan siklus II sebesar 90,90% dikategorikan sangat baik, sedangkan hasil observasi kegiatan siswa siklus I sebesar 71,59% dikategorikan baik . Sedangkan hasil observasi siklus II 89,77% dikategorikan sangat baik . Hal ini menunjukan bahwa jika diterapkan metode pembelajara inkuiri dapat meingkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN Kilo Obyek

Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode Inkuiri, Mata Pelajaran IPS

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/119894
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item