MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA MELALUI METODE BERCAKAP-CAKAP DI KELOMPOK A TK ASNUR LASOANI KECAMATAN MANTIKOLURE KOTA PALU

EMY T (2020) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA MELALUI METODE BERCAKAP-CAKAP DI KELOMPOK A TK ASNUR LASOANI KECAMATAN MANTIKOLURE KOTA PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Emy.T. (2019). Meningkatkan Kemampuan Anak Berbahasa Melalui Metode Bercakap-cakap Di Kelompok A Tk Asnur Lasoani Kecamatan Mantikolore Kota Palu Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing (I) Andi Agusniatih, (II) Besse Nirmala

Masalah dalam penelitian ini, yaitu kemampuan anak berbahasa belum berkembang sesuai harapan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan anak berbahasa melalui metode bercakap-cakap. Subjek dan setting penelitian adalah anak kelompok B berjumlah 20 anak, terdiri dari 10 anak perempuan dan 5 anak laki-laki yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan desain Kemmis dan Mc. Taggart, yang dilaksanakan secara bersiklus. Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara tugas, dan dokumentasi, selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Data pra tindakan,pada aspek menyebutkan kosa kata kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) 6,67%, Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 6,67%, Mulai Berkembang (MB) 13,33%, dan Belum Berkembang (BB) 73,33%. aspek kemampuan bertanya kategori BSB 6,67%, BSH 13,33%, MB 6,67%, dan BB 73,33%. aspek menjawab pertanyaan, BSB 6,67%, BSH 13,33%, MB 13,33%, dan BB 66,67%. Setelah dilakukan kegiatan Bercakap-cakap dapat meningkatkan kemampuan Berbahasa, terbukti ada peningkatan dari siklus I ke siklus II.aspek menyebutkan kosa kata kategori BSB, BSH, dan MB dari 6.67% menjadi 20% aspek Kemampuan Bertanya kategori BSB, BSH, dan MB dari 6,67% menjadi 33,33% Menjawab Pertanyaan kategori BSB, BSH, dan MB dari 6,67% menjadi 26,67% . Secara umum, peningkatan rata-rata dari siklus I ke siklus II, yaitu 11,66 kategori BSB, BSH, dan MB. Walaupun masih ada yang belum meningkat aspek kemampuan berbahasa 6,67% atau kategori BB. Hasil penelitian membuktikan bahwa kegiatan bercakap-cakap dapat meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak kelompok B TK Asnur Lasoani Kecamatan Mantikulore Kota Palu

Kata Kunci: Kemampuan Anak Berbahasa,Metode Bercakap-cakap,Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/119934
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item