MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERMAIN ALAT MUSIK CAJON DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI KELAS V SD NEGERI 2 TOINASA

HENDRA GUNAWAN DESE (2022) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERMAIN ALAT MUSIK CAJON DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI KELAS V SD NEGERI 2 TOINASA. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hendra Gunawan Dese, 2022. Meningkatkan Kemampuan Bermain Alat Musik
Cajon Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Di Kelas V Sd Negeri 2
Toinasa. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu
Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako Palu.
Pembimbing : Yun Ratna Lagandesa.
Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Kemampuan Bermain
Alat Musik Cajon Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Di Kelas V Sd
Negeri 2 Toinasa. Bentuk Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Penelitian Tindakan kelas ini menggunakan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4
tahapan yaitu : (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan Tindakan, (3) Observasi, (4)
Refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Toinasa
yang berjumlah 14 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan
menerapkan model pembelajaran menggunakan metode demonstrasi dapat
meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat pada hasil yang diberikan pada
siklus I dimana diperoleh daya serap klasikal 53,28?ngan presentase
ketuntasan belajar klasikal 21,42?n pada siklus II diperoleh daya serap
klasikal sebesar 100?ngan presentase ketuntasan belajar klasikal 87,07%.
Berdasarkan indikator kinerja penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa model
pembelajaran menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar
siswa.
Kata kunci : Metode Demonstrasi, Jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK),
Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran SBdP

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/119951
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item