MENINGKATKAN KEMAMPUAN FISIK MOTORIK KASAR ANAK MELALUI METODE DEMONSTRASI DI KELOMPOK B TK ALKHAIRAAT TULO

UMIRA (2021) MENINGKATKAN KEMAMPUAN FISIK MOTORIK KASAR ANAK MELALUI METODE DEMONSTRASI DI KELOMPOK B TK ALKHAIRAAT TULO. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Umira. (2018). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak melalui Metode Demonstrasi di Kelompok B TK Alkhairaat Tulo. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Hj. Shofiyatun AR. M.Pd (II) I Putu Suwika, M.Si.

Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan motorik kasar belum berkembang sesuai harapan. Upaya mengatasi masalah tersebut dilakukan peneliti Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui metode demonstrasi yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak. Rancangan penelitian mengikuti model alur Kemis dan MC Taggart yang dilakukan secara siklus, setiap siklus melalui 4 tahap yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi dan (4) refleksi. Setting dan subjeknya anak kelompok B TK Alkhairaat Tulo yang berjumlah 17 anak yang terdaftar pada tahun ajaran 2017-2018. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, pemberian tugas dan dokumentasi, selanjutnya data dianalisa dengan teknik persentase. Data pra tindakan ketepatan menangkap bola 5,88% kategori berkembang sangat baik, 5,88% kategori berkembang sesuai harapan, 11,7 6% mulai berkembang dan 76,47% kategori belum berkembang. Kekuatan melempar bola 5,88% kategori berkembang sangat baik, 11,7 6% kategori berkembang sangat baik 5,88% mulai berkembang dan 76,47% kategori belum berkembang. Keseimbangan berjalan diatas papan Titian 5,88% kategori berkembang sangat baik, 11,76% kategori berkembang sesuai harapan, 11,76% mulai berkembang dan 70,59% kategori belum berkembang. Setelah dilakukan tindakan, disimpulkan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak. Terbukti adanya peningkatan kemampuan motorik kasar anak dari siklus I ke siklus II. Ketepatan menangkap bola kategori berkembang sangat baik, berkembang sesuai harapan dan mulai berkembang dari 41,17% meningkat menjadi 88,23% kekuatan melempar bola kategori berkembang sangat baik berkembang sesuai harapan dan mulai berkembang dari 47,06% meningkat menjadi 94,11% keseimbangan berjalan diatas papan Titian kategori berkembang sangat baik berkembang sesuai harapan dan mulai berkembang dari 47,06% meningkat menjadi 88,23%. Rata-rata terjadi peningkatan 45,09% kategori berkembang sangat baik, berkembang sesuai harapan dan mulai berkembang. Meskipun masih ada 9,8% kategori belum berkembang, sehingga tidak dilanjutkan ke siklus III.

Kata Kunci : Kemampuan Motorik Kasar Metode Demonstrasi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/119963
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item