Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Model Pembelajaran Picture And Picture Di Kelas III SDN Insan Kamil Kecamatan Ampibabo

LUSI APRIANA (2020) Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Model Pembelajaran Picture And Picture Di Kelas III SDN Insan Kamil Kecamatan Ampibabo. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Lusi Apriana, 2019. Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Model Pembelajara Picture and Picture di Kelas III SD Insan Kamil Kecamatan Ampibabo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Drs. Saharuddin Barasandji
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa menulis puisi pada mata pelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas III SD Insan Kamil Kecamatan Ampibabo yang berjumlah 23 siswa yang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 14 perempuan dengan menerapkan model pembelajaran Picture and Picture. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Desain penelitian ini mengikuti alur penelitian Model Kemmis dan Mc. Taggart terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Insan Kamil. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, materi pada siklus I yaitu mengenai menulis puisi berdasarkan gambar ibu dan siklus II yaitu menulis puisi bedasarkan gambar kupu-kupu. Hasil belajar pada pra tindakan yaitu daya serap 53,34?n ketuntasan belajar klasikal 34,43%. Hasil observasi kegiatan guru pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 65,5?rada pada kategori cukup, pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 92,85?rada pada kategori sangat baik. Hasil observasi kegiatan siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 65,62?rada pada kategori cukup, pada siklus II kegiatan siswa memperoleh nilai rata-rata 90,62?rada dalam kategori sangat baik. Hasil belajar siswa pada tindakan siklus I daya serap klasikal 67,69?n ketuntasan belajar klasikal 65,21%. Hasil belajar pada siklus II daya serap klasikal 76,73?n ketuntasan belajar klasikal 86,95%. Hal ini berarti pembejaran pada siklus II telah memenuhi indicator keberhasilan penelitian dengan ketuntasan belajar klasikal memperoleh nilai minimal 80% maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Picture and Picture pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas III SD Insan Kamil Kecamatan Ampibabo.
Kata kunci : Pembelajaran Bahasa Indonesia, Model Pembelajaran Picture and Picture dan Kemampuan Menulis Puisi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/120018
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item