RELIDA MARIA KASEBAE (2022) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI METODE DEMONSTRASI DI KELOMPOK B2 TK KATOLIK SANTA MARIA GORETTI PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Relida Maria Kasebae, 2019. Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar melalui
Metode Demonstrasi di TK Katolik Santa Maria Goretti Palu. Skripsi, Program
Studi SI PG PAUD. Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing (1) I Putu Suwika (2) Haerul
Annwar
Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah apakah melalui penggunaan
metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak di TK
Katolik Santa Maria Goretti Palu?. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan
kemampuan motorik kasar anak melalui penggunaan metode demonstrasi di TK
Katolik Santa Maria Goretti Palu.
Setting penelitian ini yaitu anak di TK Katolik Santa Maria Goretti Palu yang
berjumlah 15 anak terdiri dari laki-laki 8 anak dan 7 anak perempuan. Rancangan
penelitian yang digunakan adalah model tindakan kelas. Data dikumpulkan
dengan cara observasi, tindakan, wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan data yang dikumpulkan, ternyata diperoleh hasil yang cukup
signifikan tentang peningkatan kemampuan motorik kasar anak melalui
penggunaan metode demonstrasi di TK Katolik Santa Maria Goretti Palu. Data
yang dikumpulkan sebelum dilaksanakan tindakan yaitu, pada pengamatan
berjalan mengelilingi garis 6,67% kategori BSB, 13,33% kategori BSH, 20,00%
kategori MB dan 60,00% kategori BB. Pengamatan kegiatan melompat 13,33%
kategori BSB, 13,33% kategori BSH, 20,00% kategori MB, dan 53,33% kategori
BB. Pengamatan kegiatan berlari sambil melewati rintangan 6,67% kategori BSB,
6,67% kategori BSH, 13,33% kategori MB, dan 73,33% kategori BB. Pengamatan
kegiatan menendang bola 6,67% kategori BSB, 13,33% kategori BSH, 13,33%
kategori MB, dan 66,67% kategori BB. Selanjutnya setelah dilaksanakan tindakan
kelas, diperoleh hasil akhir pada siklus II yaitu, pada pengamatan berjalan
mengelilingi garis 26,67% kategori BSB, 40,00% kategori BSH, 20,00% kategori
MB dan 13,33% kategori BB. Pengamatan kegiatan melompat 26,67% kategori
BSB, 46,67% kategori BSH, 20,00% kategori MB, dan 6,67% kategori BB.
Pengamatan kegiatan berlari sambil melewati rintangan 26,67% kategori BSB,
46,67% kategori BSH, 13,33% kategori MB, dan 13,33% kategori BB.
Pengamatan kegiatan menendang bola 26,67% kategori BSB, 53,33% kategori
BSH, 13,33% kategori MB, dan 6,67% kategori BB. Melihat data di atas, maka
dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode demonstrasi dapat membantu
meningkatkan kemampuan motorik kasar anak di TK Katolik Santa Maria Goretti
Palu.
Kata Kunci: motorik kasar dan metode demonstrasi
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/120031 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |