KHAIRUNNISA (2020) Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Permulaan Melalui Metode SAS Di Kelas I SD Inpres 3 Tondo. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Khairunnisa, 2020. “Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Permulaan Melalui Metode SAS di Kelas I SD Inpres 3 Tondoâ€, Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP, Universitas Tadulako. Pembimbing Efendi.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa menggunakan metode SAS. Penelitian ini dilaksanakan dalam II siklus dan diterapkan pada siswa kelas I SD Inpres 3 Tondo dengan jumlah 24 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksakan pada II siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu 1) Perencanaan tindakan 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, 4) Refleksi. Hasil kemampuan membaca permulaan siklus I diperoleh presentasi daya serap kalsikal sebesar 69% serta presentase ketuntasan belajar klasikal 58%. Sedangkan siklus II diperoleh presentase daya serap klasikal sebesar 82% serta presentase ketuntusan belajar klasikal 87,5%. Berdasarkan presentase ketuntasan hasil belajar siswa siklus I dan siklus II , maka telah terjadi peningkatan yang signifikan yaitu pada DSK terjadi peningkatan 13%, sedangkan KBK mengalami peningkatan sebesar 29,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan metode SAS dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa di kelas I SD Inpres 3 Tondo.
Kata Kunci : Kemampuan Siswa, Membaca Permulaan, Metode SAS
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/120065 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |