MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE SCRAMBLE KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI SEJOLI KECAMATAN MOUTONG KABUPATEN PARIGI MOUTONG

INTAN I. MASULILI (2023) MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE SCRAMBLE KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI SEJOLI KECAMATAN MOUTONG KABUPATEN PARIGI MOUTONG. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Membaca merupakan kunci penting dalam proses belajar, kurangnya kemampuan membaca merupakan permasalahan dalam penelitian ini. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah agar adanya peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 2 SDN Sejoli melalui metode scramble. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan secara bersiklus, dengan subjek penelitian yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Tes digunakan untuk melihat peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa dan observasi digunakan untuk melihat aktivitas siswa dalam proses belajar serta aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran melalui metode scramble. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode scramble dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa. Peningkatan nilai pada siklus I belum mencapai KKM dengan persentase 65% nilai rata-ratanya 73,52 dan pada siklus II mencapai KKM dengan persentase 94% nilai rata-ratanya 85,29. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh peneliti, maka dapat disimpulkan bahwa melalui metode scramble dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan.

Kata Kunci : Kemampuan Membaca Permulaan, Metode scramble

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/120066
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item