MILSYARI S. NAOTA (2021) MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENGEMUKAKAN PENDAPAT MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS X IPS 1 SMA NEGERI 7 PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu: 1) Apakah “Model Kooperatif Tipe
Jigsaw dapat meningkatkan kemampuan siswa mengemukakan pendapat dalam
pembelajaran sejarah kelas X ips 1 di SMA Negeri 7 Palu? Penelitian ini
bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa mengemukakan pendapat
melalui model kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran sejarah di kelas X IPS 1
SMA Negeri 7 Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian PTK. Subjek dalam
penelitian ini yaitu siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 7 Palu yang berjumlah 23
orang, terdiri dari 13 0rang siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Untuk
memperoleh data dalam penelitian ini, digunakan instrument penelitian berupa
observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes hasil belajar siswa. analisis data
dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Analisis data secara kualitatif
menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan kesimpulan, sedangkan
analisis kuantitatif menggunakan rumus daya serap individual dan ketuntasan
klasikal. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran
kooperatif tipe jigsaw pada siklus 1 pada observasi kegiatan guru pada pertemuan
pertama sebesar 67%, pertemuan kedua sebesar 69?rada pada kategori kurang.
Selanjutnya hasil observasi kegiatan siswa pada siklus 1 dimana pertemuan
pertama kegiatan siswa hanya mencapai persentase 62%, dan pertemuan kedua
mencapai 73?abeberapa deskriptor yang masih dalam kategori kurang. Dan
pada siklus II terjadi peningkatan, yang mana hasil observasi kegiatan guru pada
pertemuan ketiga sebesar 94?n pertemuan keempat menunjukan persentase
sebesar 96%. Selanjutnya ketuntasan observasi kegiatan siswa pada pertemuan
ketiga sebesar 94?n pertemuan keempat sebesar 94?ngan kategori sangat
baik. Hal ini dibuktikan sebanyak 22 orang siswa yang tuntas dari 23 siswa dan
4% atau sebanyak 1 orang siswa yang tidak tuntas. Berdasarkan hasil penelitian
tersebut disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif
tipe jigsaw dapat meningkatkan kemampan siswa mengemukakan pendapat dalam
pembelajaran sejarah di kelas X IPS 1 SMA Negeri 7 Palu
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/120069 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |