WIWIK LIANI (2020) MENINGKATKAN KETERAMPILAN PENULISAN TEKS DESKRIPSI SISWA DI KELAS X SMA NEGERI 5 PALU MELALUI METODE PENULISAN ESTAFET. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat efektivitas Metode Menulis Estafet untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa di Kelas X SMAN 5 Palu dalam menulis teks deskriptif. Peneliti menggunakan desain penelitian eksperimen semu. Sampel penelitian adalah X MIPA 6 sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 21 siswa dan X MIPA 4 sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 21 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah tes. Tes diberikan dua kali: pre-test dan post-test. Data dianalisis secara statis untuk mengetahui pencapaian yang signifikan dari siswa pada pre-test dan post-test. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menerapkan metode penulisan estafet, sedangkan kelas kontrol diajarkan tanpa metode. Setelah menganalisis data, peneliti menemukan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara skor kelas eksperimen dan kelas kontrol. Skor kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. T-hitung (7,72) lebih tinggi dari t-tabel (2,021). Dengan kata lain, metode penulisan estafet dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa di kelas X SMAN 5 Palu dalam menulis teks deskriptif.
Kata Kunci: Peningkatan, Keterampilan Menulis, Teks Deskriptif, Metode Penulisan Estafet.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/120113 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |