NURFAIZAH (2020) MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN FINGER PAINTING DI KELOMPOK B TK AISYIYAH TOBOLI KECAMATAN PARIGI UTARA KABUPATEN PARIGI MOUTONG. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Nurfaizah. (2018). Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Finger Painting di Kelompok B TK Aisyiyah Toboli Kecamatan Parigi Utara Kabupaten Parigi Moutong. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing (I) Andi Agusniatih, (II) Fitriana.
Masalah dalam penelitian ini, yaitu kreativitas anak belum berkembang sesuai harapan. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperbaiki proses belajar mengajar agar dapat meningkatkan kreativitas anak melalui kegiatan finger painting. Subjek dan setting penelitian adalah anak Kelompok B TK Aisyiyah Toboli Kecamatan Parigi Utara Kabupaten Parigi Moutong berjumlah 12 anak, terdiri dari 9 anak perempuan dan 3 anak laki-laki yang terdaftar pada tahun ajaran 2016/2017. Metode penelitian kualitatif dengan jenisnya penelitian tindakan kelas yang menggunakan desain Kemmis dan Mc. Taggart. Data yang dikumpulkan melalui observasi, pemberian tugas, dan dokumentasi, selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Data pra tindakan, aspek mengkombinasikan warna kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 25%, Mulai Berkembang (MB) 16,66%, dan Belum Berkembang (BB) 58,33%. Aspek menggambar berbagai macam bentuk kategori BSH 16,66%, MB 8,33%, dan BB 75%. Selanjutnya, aspek kreativitas menjawab pertanyaan tentang hasil lukisannya kategori BSH 16,66%, MB 8,33%, dan BB 75%. Setelah dilakukan tindakan, disimpulkan bahwa kegiatan finger painting dapat meningkatkan kreativitas anak. Terbukti ada peningkatan kreativitas dari siklus I ke siklus II. Aspek mengkombinasikan warna kategori BSB, BSH, dan MB dari 50% menjadi 83,33% (33,33%). Aspek menggambar berbagai macam bentuk kategori BSB, BSH, dan MB dari 50% menjadi 83,33% (33,33%). Aspek kreativitas menjawab pertanyaan tentang hasil lukisannya kategori BSB, BSH, dan MB dari 50% menjadi 91,66% (41,66%). Terjadi peningkatan rata-rata 36,10% kategori BSB, BSH, dan MB. Meskipun masih ada anak yang belum berhasil meningkat 13,88% atau kategori BB.
Kata Kunci: Kreativitas, Kegiatan Finger Painting
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/120158 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |