MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR IPA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS IV DI SDN 4 KALUKUBULA

APRILLIA AGENG SASMITA PUTRI (2022) MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR IPA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS IV DI SDN 4 KALUKUBULA. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Aprillia Ageng Sasmita Putri, 2022. Meningkatkan Kreativitas Belajar IPA Melalui
Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas IV di SDN 4 Kalukubula. Skripsi
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas
Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Abdul Rahman
S.Pd.,M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah dengan menggunakan model
Problem Based Learning dapat meningkatkan kreativitas belajar IPA pada siswa
kelas IV di SDN 4 Kalukubula. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Meningkatkan
kreatifitas belajar IPA menggunakan metode Problem Based Learning (PBL) pada
siswa kelas IV SDN 4 Kalukubula. Model Problem Based Learning ini terdiri dari
lima langkah, yaitu 1) Orientasi Siswa Pada Masalah, 2) Mengorganisasi Siswa
Untuk Belajar, 3) Membimbing Pengalaman Individual/Kelompok, 4)
Mengembangkan Dan Menyajikan Hasil Karya, 5) Menganalisis Dan Mengevaluasi
Proses Pemecahan Masalah. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) dengan menggunakan desain peneitian Kemmis dan Taggart. Subyek pada
penelitian ini yaitu siwa kelas IV SDN 4 Kalukubula yang berjumlah 13 orang.
Analisis data terdiri analisis lembar observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan
analisis rubrik penilaian kreativitas siswa. Pada siklus I dan siklus II diperoleh
ketuntasan kreativitas belajar sebesar 60,10 ?n 89,42%. Hasil aktivitas guru
siklus I dan dan siklus II sebesar 54,41?n 85 %. Hasil aktivitas siswa siklus I dan
siklus II sebesar 57,14?n 86%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan
bahwa dalam penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan
kreativitas belajar siswa pada kelas IV materi daur hidup hewan di SDN 4
Kalukubula.
Kata Kunci : Model Problem Based Learning (PBL), Kreativitas Belajar, Mata
Pelajaran IPA

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/120170
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item